Letters to July: Untuk Ramadhan

16 Juli 2015

Juli, kali ini suratku untuk Ramadhan lagi, ya.

Halo, Ramadhan. Kita bertemu lagi dengan penghujung dirimu hari ini. Ternyata satu bulan itu cepat, ya? Besok kamu sudah pergi dan mungkin suasananya sudah tidak seperti ini lagi.

Ramadhan, seperti yang Raditya Dika bilang, kamu adalah penanda waktu yang baik. Mungkin bukan dalam konteks yang dimaksud oleh dia, karena aku belum bisa menghitung berapa banyak Ramadhan yang telah dilalui bersama seseorang. Aku bahkan tidak tahu kapan aku bisa menghitung seperti itu lagi. Tapi kamu, Ramadhan, kali ini berhasil menjadi penanda waktu yang mengingatkan bahwa beberapa hal bisa berubah hanya dalam hitungan hari dan minggu.

Ramadhan, kali ini kamu berbeda. Kali ini kamu mengajariku begitu banyak hal. Aku belajar untuk bersabar, untuk mencoba percaya pada rencana yang disimpan diam-diam oleh Tuhan, untuk mengikhlaskan hal-hal yang belum bisa tercapai, untuk berani meminta maaf atas kesalahan masa lalu, untuk sedikit-sedikit mengurangi keegoisan, untuk belajar mendekatkan diri pada Tuhan yang selama ini hanya kudatangi kalau ada maunya atau sedang kesepian, dan untuk menjadi sedikit lebih dewasa dalam menghadapi hidup.

Terima kasih telah membuat anak manja ini sedikit tergerak untuk berubah. Terima kasih untuk segala penguatan hati dan semoga apa yang telah kamu tinggalkan bisa membuatku memegang serta melaksanakan janji-janji yang sudah terbuat dan tersimpan.

Ramadhan, apakah tahun depan kita bertemu lagi? Apakah tahun depan aku masih bisa bersama dengan orang-orang yang kusimpan di dekatku saat ini? Dan apakah tahun depan kamu mau membawakanku sebuah hadiah dan pelajaran lagi?

Kamu tidak perlu jawab sekarang, Ramadhan. Aku tahu, kita harus menunggu satu putaran matahari lagi untuk mendapat jawabannya.

Untuk sekarang, kita berpisah dulu, ya. Kepergianmu memang harus terjadi, kan? Terima kasih atas segalanya, untuk semua senyum simpul, kecemberutan yang sering datang, dan ketenangan yang telah kamu bawakan.

Sampai jumpa, Ramadhan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s