(Mencoba) memaksakan perasaan.

Katanya, jatuh cinta itu tidak bisa dipaksakan. Ah kata siapa?

Aku tahu betul kalau perasaan sangat mungkin dimanipulasi, seperti halnya ‘baik’ dan ‘tulus’ bisa diadakan kalau ada keinginan dibaliknya. Tanya saja pada Dewa 19 yang dengan yakinnya bilang kalau ‘aku bisa membuatmu jatuh cinta kepadaku meski kau tak cinta; beri sedikit waktu, biar cinta datang karena telah terbiasa’. Atau, tanya saja pada sahabat yang tiba tiba sadar kalau mereka lebih dari sepasang sahabat. Atau, lebih klise lagi, tanyakan pada karakter sinetron yang pura-pura pacaran lalu jatuh cinta betulan.

Perasaan itu, kawan, bisa dimanipulasi. Entah dengan permainan otak atau dengan membiarkan waktu melakukan pekerjaannya. Masalahnya, bermain dengan waktu itu tak punya batasan yang bisa dikira-kira.

Terkadang, butuh tujuh bulan untuk mengubah kebencian pada suatu kota menjadi cinta yang berbekas hingga tahunan; butuh satu bulan untuk jatuh cinta pada pendidikan yang ditempuh; hanya butuh dua kali pertemuan untuk jatuh cinta pada seseorang; butuh dua bulan untuk berhenti jatuh cinta pada seorang lainnya; dan terkadang, waktu tak berhasil mengubah apapun.

Tanpa bisa mengira-ngira atau bertanya pada siapapun, aku tidak tahu butuh berapa lama untuk jatuh cinta pada bab ini.

Semua terasa seperti bab-bab yang lalu, yang pernah menggebu, namun terlupakan karena terlalu lama tersimpan dan terpendam. Semua ambisi, keceriaan, dan rasa penasaran perlahan memudar. Mencari lokasi cantik pengganti pinggir La Maire belum membuahkan hasil memuaskan. Mencari minuman pembawa senyum belum membawa ke cangkir yang tepat. Mencari jawaban pertanyaan-pertanyaan di otak, tentu saja, belum ada ujungnya.

Mungkin butuh waktu lebih, mungkin butuh usaha manipulasi otak (dan tenaga) yang lebih. Tapi, katanya cinta datang dengan sendirinya dan tiba-tiba? Mana?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s